Tips Memilih Bahan Kaos



Untuk memakai kaos yang nyaman, tentu dibutuhkan pengetahuan dalam memilah dan memilih bahan. Jangan sampai terpincut karena harga yang murah atau desain yang menarik lalu merasa tidak nyaman setiap memakai kaos tersebut. Tentunya berbeda bagi mereka yang memang memburu kaos murah dengan gambar unik. Namun bagi yang memang mencari kualitas bahan, tips berikut barangkali bisa bermanfaat sebelum mencari kaos baik di FO atau di lapak pinggir jalan. 

Bahan

Bicara bahan berarti kita bicara tentang tebal dan tipis. Sebaiknya bahan kaos haruslah bisa menyerap keringat, tidak terlalu tebal dan kaku, dan juga tentu saja tidak panas. Biasanya bahan kaos berjenis cotton combed karena lebih halus dan nyaman untuk dipakai sehari-hari. Bahan ini juga lebih tahan lama dan kalau dicuci tidak akan melar. Dari sisi kerapihan jahitan, benang pada cotton combed lebih halus.

Di pasaran bahan cotton combed yang sering dijual adalah 20s. Biasanya semakin tinggi tingkatnya maka bahan kaos tersebut semakin halus, dan tentu saja harganya semakin mahal juga. Kalau mencari kenyamanan berpakaian, pilihlah kaos yang di atas 20s, seperti 30s. Biasanya kaos 30s banyak dijual di Tanah Abang, Jakarta.

Kualitas Cetak

Terlepas dari desainnya, perhatikan pula kualitas sablon dari kaos yang kita pilih. Meski gambarnya menarik, kalau mudah luntur buat apa? Jenis sablon ada dua, yaitu sablon manual dan sablon mesin. Selain bergantung pada perawatan, kekuatan dan daya tahannya juga dipengaruhi dari apa yang kita pilih. Jika Anda menggunakan digital printing, desainnya cenderung lebih tahan lama meski harganya memang lebih mahal (jika dihitung massal).
Maka sebelum berburu kaos murah di Bandung, ada baiknya memperhatikan kualitas bahan dan kualitas cetaknya terlebih dulu.



Selamat berbelanja!